Analisis sistem adalah penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh ke dalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan, kesempatan, hambatan yang terjadi dan kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan.
Analisis terstruktur adalah :
1. Metode yang berusaha menstrukturkan proses penetapan kebutuhan, dimulai dengan dokumentasi sistem yang ada.
2. Prosesnya adalah mengorganisasikan dengan suatu cara tertentu yang menyertakan seluruh detail yang relevan yang dijelaskan pada sistem saat ini.
3. Ketika detail yang relevan telah didapat, maka akan memudahkan proses verifikasi.
4. Kebutuhan yang telah teridentifikasi akan serupa diantara masing-masing analis dan akan disertakan solusi terbaik dan strategi untuk kesempatan pengembangan sistem.
5. Lembar kerja berbentuk kertas dibuat untuk dokumentasi sistem yang ada saat ini dan sistem yang diajukan merupakan cara komunikasi yang efektif.
Tugas utama dari menganalisis sistem meliputi :
1. Menentukan lingkup sistem
2. Mengumpulkan fakta
3. Menganalisis fakta
4. Mengkomunikasikan temuan-temuan tersebut melalui laporan analisis sistem.
Kemudian Melakukan langkah-langkah Analisis sistem.
a. Identify, Mengidentifikasi Masalah.
ü Tugas-tugas dalam mengidenfikasi masalah
ü Mengidentifikasi penyebab masalah
ü Mengidentifikasi titik keputusan
ü Mengidentifikasi personil-personil kunci
b. Understand, Memahami Kerja dari sistem yang ada, Diperlukan data yang dapat diperoleh dengan cara melakukan penelitian. Sejumlah data perlu dikumpulkan dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang ada yaitu wawancara, observasi daftar pertanyaan dan pengambilan sampel.
ü Menentukan Jenis Penelitian, meliputi wawancara, observasi, daftar pertanyaan, pengambilan sampel
ü Merencanakan Jadwal Penelitian(Who, When, Where, What, How)
o Mengatur jadwal wawancara, observasi, pengambilan sampel
ü Membuat Penugasan Penelitian
ü Membuat Agenda Wawancara
ü Mengumpulkan Hasil Penelitian
c. Analize, Menganalisis Hasil Penelitian.
ü Menganalisis Kelemahan Sistem (Distribusi, Pengukuran Pekerjaan, keandalan, dokumen, laporan, teknologi)
ü Menganalisis Kebutuhan Informasi Pemakai/Manajemen.
d. Report, Membuuat Laporan Hasil Analisis
ü Setelah proses analisis sistem ini selesai dilakukan, tugas berikutnya adalah membuat laporan hasil analisis. Laporan ini diserahkan ke steering committee yang seterusnya diserahkan ke manajemen.
No comments:
Post a Comment